01 May 2013

Home » » Kesenian Barong Banyuwangi

Kesenian Barong Banyuwangi



Kesenian Barong Banyuwangi
Simbol Dalam Tradisi Using 
Bentuk dan sosok Barong ternyata bukan semata milik masyarakat Indonesia. Sosok mahluk “angker” bermata bulat merah dan bertaring itu juga ada dan dikenal di negara-negara Indochina lainnya seperti; China, Korea dan Jepang. Sementara di Indonesia sendiri,selain di Banyuwangi Barong juga “hidup” dan berkembang di Bali.

Namun demikian, sosok Barong dari masing-masing tempat dan wilayah itu berbeda-beda,baik bentuk, aksesori maupun fungsi dan kegunaannya. Di Banyuwangi khususnya didalam komunitas masyarakat Using Kemiren, sosok Barong banyak mengandung komponen-komponen khas Using, mulai dari arsitektur ruang pertunjukannya, tokoh-tokoh yang memainkan, musik, tari dan berbagai isi ajaran serta nilai-nilai moral dari dialog para tokoh yang memainkan, syarat dengan kandungan nilai-nilai budaya Using.

Dalam sebuah makalah berjudul; “Kesenian Singo Barong” yang ditulis oleh Drs TotokHariyanto, disebutkan bahwa kesenian Singo Barong atau yang lazim disebut “Barong”adalah sebuah bentuk teater rakyat yang memadukan unsur-unsur; tari, musik dan laguserta alur cerita yang telah baku yang ditentukan secara turun-temurun.Dalam pentas pertunjukan, alur cerita kesenian Barong dibagi menjadi empat bagian.Bagian pertama yang diberi judul; “Singo Barong”, menampilkan Barong sebagai tokohutama. Tokoh Singo Barong ini merupakan sosok seekor Singa besar yang bermahkota danbersayap, yang bernama; “Sinar Udara”. 

Selain Barong sebagai tokoh utama, bagian ini jugamenampilkan tokoh wanita cantik yang bernama; Ja’ripah. Selain itu, juga ada tiga tokohlain yang diceritakan sebagai tiga orang bersaudara, yakni; Beledhes (Juru Tambur),Beledhung (Juru Layar) dan Beledhus (Juru Kemudi). Dan seorang tokoh lagi yang bernama;Tiang Irris.Bagian kedua yang diberi judul; “Buto-butoan”, menampilkan tokoh utama seorang ksatriayang bernama; Panji Sumirah. Mendampingi tokoh Panji Sumirah ini, juga kembali muncul tokoh tiga bersaudara; Beledhes, Beledhung, Beledhus, serta dua orang yang berperan sebagai Raksasa dan empat orang yang memerankan sosok Jin. 

Pada bagian ini juga tampil sosok Burung Garuda. Pada bagian ketiga diberi judul; “Suwarti”, tokoh-tokoh yang ditampilkan adalah; Pak Suwarti, Mbok Suwarti, Suwarti, Suwarno, Pak Janoko, Tokoh Gandrung, dan dua orang yang berperan sebagai sosok ayam. Lalu pada bagian keempat yang berjudul; “Tuan-tuanan”, tokoh yang tampil adalah; Pak Mantri, Londaya, Siti Ambaridan Siti Sundari serta Jongos (tukang kebun).Konon, kesenian Barong ini diciptakan oleh seorang leluhur masyarakat Desa Kemiren yang bernama; Buyut Chili. Setelah Buyut Chili berhasil menciptakan kesenian ini, ritual adatSeblang yang sebelumnya digelar secara rutin di wilayah ini kemudian dipindahkan kesebelah selatan desa atau tepatnya di Desa Olehsari. 

Menurut penuturan masyarakat,dipindahkannya Seblang ke Desa Olehsari itu adalah atas permintaan Dhanyang Desa yang menyusup ke raga seorang penari Seblang. Ketika itu sang Dhanyang berpesan; “Saiki ring Kemiren wis ono Barong, mula iku Seblang sun elih nyang Uli-ulian (Olehsari). Mulai saiki, Barong ojo dimainaken ring Uli-ulian, sebab uwong bisa mati kabeh. Lan sebalike, ojo anamaning Seblang main ring Kemiren, sebab uwong bisa lara kabeh,” (Sekarang di Kemirensudah ada kesenian Barong, sebab itu Seblang aku pindahkan ke Uli-ulian. Mulai sekarang, Barong jangan dimainkan di Uli-ulian, sebab orang bisa mati semua. Dan sebaliknya,jangan ada lagi Seblang main di Kemiren, sebab orang bisa sakit semua). 

(eko budisetianto)
Sourch: www.slideshare.net

Ada 2 Komentar Pada Artikel » Kesenian Barong Banyuwangi

  1. artikelnya menarik gan, semoga menambah wawasan untuk kita yang membacanya.


    biar sedikit fresh, mampir gan..
    cethar-membahenol.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. tokoh barong sendiri tidak hanya di banyuwangi saja, banyak sebaran tokoh ini di beberapa daerah di jawa tengah dan timur.
    __
    JUAL sepatu lokal Bandung ORIGINAL, MURAH,FREE ongkir se-pulau JAWA. DISKON dan PROMO setiap hari.SEGERA hubungi BBM: 75570084 , Whatsapp: 085727336911.
    http://sepatulokalbandung.wordpress.com/
    http://nandegastore.blogspot.com/
    sepatufootwear.blogspot.com

    KAOS BOLA, JERSEY BERKUALITAS juga ada disini :
    www.facebook.com/nandegastore
    CINTA & BANGGA DENGAN PRODUK DALAM NEGERI

    ReplyDelete