11 April 2013

Home » » Manfaat Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun

1. Manfaat Buah ZaitunOlea europaea atau zaitun adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi. Buah muda pada zaitun dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang sudahmasak akan diperas dan minyaknya diolah menjadi minyak zaitun yang sering digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya memasak. Manfaat buah zaitun sangatlah banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Nah, untuk lebih memahami manfaat buah zaitun ini, simaklah yang berikut ini.

1. Mengenal buah zaitunSebelum kita mengenal manfaat buah zaitun, marilah kita mengenal buah ini terlebih dahulu.Mungkin sebagian besar dari anda sudah mengenalnya, bagi yang belum mengenal buah yangkononnya merupakan simbol perdamaian ini, simaklah yang berikut ini.Buah zaitun atau yang sering disebut sebagai buah olive ini rata-rata tumbuh di negara-negaraMediterania, seperti Spanyol, Prancis, Maroko, Italia, dan lain-lain. Buah ini bentuknya kecil danketika masih muda berwarna hijau terang, sedangkan ketika sudah tua buahnya menjadi ungukehitam-hitaman.Buah yang masih muda ini dapat anda konsumsi secara langsung tanpa diolah, rasanya sedikitasam. Buah yang tua biasanya akan diambil dan diolah menjadi minyak zaitun.Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai simbol perdamaian dan telah lama menjadinagian dari kebudayaan asing (Barat). Mereka menggunakan dahan zaitun menjadi lambangperdamaian dan telah ditanam sejak ratusan tahun yang lalu untuk diambil buahnya yang lezat.Dari filosofi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa tumbuhnya buah zaitun akan membawaperdamaian.Inilah uraian singkat mengenai buah zaitun. Tertarik untuk mencoba ?

2. Ciri-ciri buah zaitun. .- Tanaman zaitun ini tumbuh sebagai perdu dan mempunyai bunga berbentuk lonceng.- Tanaman ini mempunyai daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daunpenumpu.- Bunga pada tanaman ini bersifat hermaprodit (banci atau memiliki dua kelamin), bisajuga berkelamin tunggal dan buahnya menumpang.- Buahnya berupa buah batu dengan biji yang memiliki endosperma.- Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuantahun. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun pernah ditemukan di Palestina yang bertahanhidup hingga 2000 tahun.- Tanaman zaitun ini dapat tumbuh di daerah yang beriklim panas dan sedang.Kebanyakan jenisnya dapat dijumpai di Asia dan daerah Laut tengah.- Kayu dari pohon zaitun ini sangat bagus, keras, dan indah.Inilah ciri-ciri dari tanaman zaitun ini. Apakah anda sudah bisa membayangkannya ?

3. Manfaat buah zaitunSetelah kita mengetahui asal muasal dan ciri khas buah zaitun, ternyata buah ini juga banyakmemberikan manfaat bagi manusia. Penasaran dengan manfaatnya ? Simaklah yang berikutini.- Buah zaitun dapat diolah menjadi bahan makanan, salah satunya adalah acar buah 1/2zaitun


2. Caranya adalah dengan merendam buah zaitun ke dalam larutan garam yang diberi bumbu tertentu selama beberapa minggu. Selama masa perendaman, buah zaitun mengalami fermentasi, sehingga rasanya menjadi lebih enak. - Minyak zaitun atau olive oil sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam salad, aneka masakan, roti, bahkan topping pizza, khususnya di daerah Eropa. - Buah ini juga dapat menjaga kecantikan anda. Buah ini mengandung asam lemak yang dapat membantu anda memelihara kelembaban, kelenturan, dan kehalusan kulit. - Buah ini juga dapat menghilangkan garis-garis halus di wajah, karena buah ini mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel dan radikal bebas yang berbahaya. - Menurut sebuah penelitian, wanita yang rajin mengonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. - Kandungan antioksidan dalam buah ini dapat memperlancar sirkulasi darah, sehingga dapat memerangi penyakit jantung. - Buah zaitun juga dapat menguatkan sistem imun tubuh, sehingga anda terhindar dari batuk atau flu. - Jika buah ini di kus, maka akan dapat bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan. - Kandungan lemak tak jenuh dalam buah ini akan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga buah ini sangat cocok bagi anda yang sedang berdiet. Inilah manfaat buah zaitun bagi kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat. 

Ada 8 Komentar Pada Artikel » Manfaat Buah Zaitun

  1. Ternyata buah zaitun ini banyak sekali manfaatnya sobat
    terima kasih
    blognya keren dan mantap
    ♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx gan,sangat bermanfaat info nya..jgn lupa mampir di hlmn menarik putri..
      ========================
      cabecabean-hot.blogspot.com
      ========================

      Delete
    2. Anonymous10 July, 2014

      Sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita.
      kunjungi balik ya..

      DOKTER MESUM GREPEK ABG CANTIK

      Delete
  2. Terima kash mas...sdh sharing ke kita2 ya :)

    ReplyDelete
  3. wah ternyata buah zaitun banyak juga manfaatnya ya, selain obat obatan juga menjadi simbol perdamaian. Ajaib

    ReplyDelete
  4. wahh di kampung saya banyak dulu taneman begini. tapi nggak jelas buat apa dulu, hehe

    ReplyDelete
  5. wah baru tau saya nih,,,makasih gan sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. thanks for info https://bit.ly/2ygdG1J

    ReplyDelete