04 April 2013

Home » » Pengendalian Virus Komputer

Pengendalian Virus Komputer

Pengendalian Virus Komputer

1. Tidak peduli musim hujan maupun musim kemarau, dia selalu membuat jengkel yangterinfeksi. Dalam keadaan genting sekalipun dia turut andil mengganggu. Bukan suatu penyakit,namun apabila dibiarkan dia bisa melumpuhkan pekerjaan anda. Ya, virus komputer sebutannya.Kaget, putus asa, stress merupakan awal ekspresi anda apabila pertama kali berjumpa. Apa saja yangdiulah sang virus ini sebenarnya? Virus komputer tidak menyerang manusia, hewan atau tumbuhan. Mengapa saya katakandemikian? Ya karena memang begitu kenyataannya! Namun masih saja ada “awam” mengatakanvirus komputer bisa menularkan penyakit, ya layaknya penyakit. Itu hanyalah khayalan sang “awam”yang pada waktu itu menganalogikan komputer layaknya manusia karena bisa terinfeksi virus.Sungguh menyedihkan sekali dan sangat tidak berprikevirusan. Apabila virus komputer merupakanmanusia, tidak bisa dibayangkan betapa terluka hatinya dia difitnah dapat menginfeksi makhlukhidup. Banyaknya debu dan kotoran tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan terinfeksinyakomputer anda. Suatu ketika saya membuka casing CPU komputer milik seorang bapak. Beliaumeminta saya untuk nge-check komputernya karena pada saat dihidupkan, monitor hanya kelap-kelip. Diagnosa pertama saya sebagai tekhnisi kemungkinan pada saat itu memory RAM kurang klopdi tempatnya. Setelah casing terbuka, banyak sekali debu dan kotoran. Bapak itu juga menyaksikanmomment tersebut dan bersuara,”pantas aja mas virusnya banyak wong kaya gitu debunya”. Sayatidak bersuara, saya membiarkan beliau dengan konsep yang dia miliki, toh yang pasti suatu saatbeliau akan tahu. Banyaknya mitos seputar virus komputer sering bermunculan. Salah satu contohnya sepertiyang saya utarakan itu. Anda dapat membedakan mitos dan fakta tentang virus komputer danmenanamkannya di benak anda. Virus komputer merupakan program yang sengaja dibuat untuk“mengganggu” kinerja sistem operasi komputer. Sistem yang terganggu tentu sangat berpengaruhdengan pekerjaan kita. Dalam suatu perkuliahan, seorang dosen meminta semua mahasiswamengerjakan tugas yang harus dikumpulkan. Betapa kagetnya seorang mahasiswa ketika melihatsemua data yang ada di komputernya lenyap. “Laptopku rusak!!” Betapa tidak, semua data lenyap,folder-folder pun tidak bisa dibuka. Seperti yang telah kita ketahui, virus komputer merupakan program yang memangdirancang untuk mengganggu sistem komputer. Awamers dibuat bingung, tekhnisi komputer dibuatbekerja ekstra. Virus komputer jenis ini sebenarnya memberi efek negatif yang tidak terlalu ekstrim. 

2. Sejatinya dia hanya meng-hide file beserta foldernya, kemudian menyulap folder itu menjadishortcut. Sangat simple sebenarnya kasus ini. Virus tersebut dirancang untuk menyembunyikan data.Cobalah anda beranjak ke Windows Explorer, kemudian memilih Folder Options di dalam menuTools di menubar. Selanjutnya anda beri tanda check di “show hidden files, folder and drives” danuncheck “hide protected operating system files”. Anda akan melihat semua file dan folder yangdisembunyikan sang virus. Apa yang sebenarnya terjadi? Exactly! Laptop terinfeksi virus komputer. Bagaimana laptop ini bisa terinfeksi virus? Flashdisk, disket dan kepingan CD atau DVD yangdi dalamnya sudah mengandung file terinfeksi merupakan cikal bakal transmigrasi virus komputer kelaptop ini. Media ini merupakan “wadah” virus bermukim sebelum ia bertransmigrasi ke tempat lain.Sang virus hanya menunggu waktu yang tepat pada saat ujung usb flashdisk ataupun kepingan CD /DVD anda dimasukkan ke komputer. Mungkin dengan fakta yang terjadi seperti ini, awamers juga akan memutar otaknya untukmengakali agar virus komputer tidak menginfeksi. Lalu ditulislah “Jangan dimasukkan flashdisk” danmenjadikan tulisan ini sebagai wallpaper dari komputernya. Lagi-lagi awamers tidakberkepriflashdisk-an. Bayangkan, flashdisk disalahkan. Sungguh terlalu! Olahraga, vitamin dan makanan sehat merupakan langkah pencegahan dari seranganpenyakit. Untuk mencegah komputer kita dari serangan virus komputer, berbeda carapencegahannya. Jangan pernah anda beranggapan komputer anda juga harus mengkonsumsivitamin. Come on, open your eyes! Antivirus merupakan jawaban yang banyak dipakai di duniapersilatan virus komputer. “Apa lagi itu antivirus?” Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Kata “anti”dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti menentang ; melawan. Antivirus bertugasmenentang virus ; melawan virus. Dikatakan menentang virus, ketika sang virus komputer inginbertransmigrasi, maka antivirus yang sudah terpasang di komputer inilah yang menentangnyaterlebih dahulu. Ketika kita memasuki suatu wilayah perumahan tertentu—lingkungan elit, maka kitaakan dicegat satpam. Satpam berfungsi menjaga lingkungan perumahan tersebut agar kondusif.Sama halnya dengan antivirus, antivirus yang terpasang berfungsi sebagai “satpam” sistem operasianda yang menjamin tidak ada gangguan dari virus yang akan mengusik lingkungan sistem.Dikatakan melawan virus, apabila komputer anda sudah terinfeksi virus, maka antivirus juga akanberusaha untuk melawan, membasmi atau memusnahkan virus tersebut. Kembali kita ke lingkunganperumahan elit tadi, apabila suatu ketika lingkungan perumahan tersebut terdapat seorang pencuri,maka satpam inilah yang bertugas mengamankan sang pencuri tadi agar lingkungan perumahantersebut kembali kondusif. Begitu juga halnya dengan virus komputer yang sudah menginfeksi  

3. komputer atau laptop anda, antivirus yang terpasang akan dengan sigap mencari induk dari virusserta menetralisir atau memperbaiki sistem yang telah dirusak oleh virus agar sistem anda kondusif. Janganlah mengandalkan pemahaman sendiri dalam menghadapi mitos-mitos seputar viruskomputer, itu akan membawa anda kepada takaran seberapa awamnya anda.

Sourch

Tidak Ada Komentar Pada Artikel » Pengendalian Virus Komputer

Post a Comment